top of page

Widen with Shorten


"WIDEN WITH SHORTEN"
"MEMPERLUAS DENGAN MENYEDERHANAKAN"

Terdengar bertolak - belakang ya, bagaimana bisa saya memperluas sesuatu dengan menyederhanakannya, ibarat bagaimana saya memperluas atau memanjangkan selembar kain dengan memotong kain tersebut ? Tidak masuk akal bukan ?


Memang tidak masuk akal, tapi ini akan berubah jika fikiran anda menjadi seperti ini, menurut pandangan saya sebagaimana seorang pekerja di pabrik jepang, justru kita bisa memperluas dengan mengurangi atau menyederhanakan sesuatu.


Ini merupakan hal yang saya lakukan pagi tadi dikala jam kerja, saya melihat ruangan kerja yang penuh dengan dokumen - dokumen yang tidak terpakai, tidak di-update, maupun dokumen dokumen titipan yang entah itu dianggap penting atau tidak oleh orang yang menaruh dokumen tersebut disana, melihat ruang gerak yang semakin sempit akhirnya saya memutuskan untuk memilah, menyimpan di kotak khusus, bahkan membuang dokumen yang saya rasa tidak penting, setelah tiga puluh hingga empat puluh menit waktu berjalan, ruangan yang tadinya terasa begitu sempit menjadi luas, bahkan seharian ini saya merasa lebih nyaman dan tenang saat mengerjakan dokumen - dokumen yang biasanya membuat saya merasa pusing dan mual.


Dari satu contoh diatas, pemikiran tentang "memperluas dengan menyederhanakan" menjadi masuk akal bukan ? Itulah yang ditawarkan oleh kehidupan minimalis, dengan mengurangi distraction (gangguan) kita bisa merasakan kebahagiaan yang lebih.


Contoh diatas hanyalah secuil dari aksi nyata terkait minimalis, dari empat puluh menit upaya membuat sederhana, waktu kerja saya tujuh jam serasa lebih menyenangkan, coba bayangkan dengan merubah mindset (pola fikir) mungkin kita bisa mengubah pandangan hingga nafas terakhir kita, bayangkan setiap hari suasana hati menjadi lebih bahagia.


Sebenarnya, ingin saya tulis semua hal terkait membuat banyak hal menjadi "s e d e r h a n a", namun akan lebih menyenangkan kalau kita tidak terlalu terburu - buru, jadi untuk kedepannya akan saya bagikan lagi pengalaman, fikiran, dan juga ide di artikel selanjutnya.


Semoga kita semua bahagia

Recent Posts

See All

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page